Kenapa Properti susah terjual, padahal sudah pakai jasa beberapa agent?!?.. Temukan Jawaban disini

Dipublikasikan oleh admingrosir pada

KamiGrosir Platform Bisnis

Mungkin kalimat pada judul atau pokok bahasan kita kali ini sering di ucapkan para vendor properti, bahkan kita sendiri pernah melakukan tanya jawab sendiri didalam hati ketika ingin menjual aset properti dan di rundung kondisi yang berlomba dengan waktu untuk mencukupi kebutuhan hidup,!

Kenapa Aset Properti saya susah terjual, padahal sudah pakai jasa beberapa agent?!?..

Mari kita ulas dan cari tau jawaban dari pertanyaan diatas,!!

Mungkin banyak alasan yang menjadikan para vendor penasaran aset yang ingin di jual tidak laku-laku terjual atau tersewakan.

Sementara lokasi sangat strategis, properti juga bagus dan akses lalu lintas nya sangat bagus pada kondisi tersebut.

Dan aneh nya lagi, properti di sekitar daerah itu sudah ada beberapa yang berganti wajah penghuni. “Sementara punya saya kok belum laku laku?”

Atau dokumen pelengkap dan asitekturnya juga sudah klop seperti tutup ketemu botol, bangunan untuk kantor atau gudang dan sebagainya milik anda ini sudah sangat pas lokasi nya berdiri di atas tanah yang sudah di nyatakan area komersil. Atau jika rumah tinggal lokasi nya sudah sangat nyaman untuk di huni dan lingkungan nya sangat oke sekali.

Dari GSB juga oke tidak akan terkena makan gusuran nanti nya, tapi kenapa tidak laku-laku.????,!

Mari kita ulas ke pembahasan lebih lanjut,!

Pertama,!!

Agent juga manusia,

Kenapa saya mengatakan demikian?!?

Mungkin pernyataan itu yang paling benar dan tepat, agent juga manusia. Mengapa saya katakan demikian??

Biasanya properti yang sudah di listing oleh seorang agent properti di pilah berkas nya pada meja kantor masing-masing. 

Salah satu contoh nya adalah green area atau area hijau, 

Apa itu area hijau?? 

Area hijau adalah bahasa marketing, yaitu pengelompokan, dalam bahasa pemasaran properti area hijau sebagai suatu aset yang akan di goreng terus sampai closing karena kemungkinan akan cepat laku terjual Baik dari kondisi lokasi maupun bangunan dan lain-lain.

Faktor utama area hijau adalah letak aset tersebut berada atau di bangun, namun area hijau tersebut akan berubah status jika tidak di pantau terus perkembangan nya dan tidak di komunikasi kan dengan baik antara agent , vendor dan buyer.

Biasanya kunci closing dari suatu aset ada pada vendor atau pemilik aset tesebut. Dari tarik ulur yang sangat alot mengenai harga penawaran. Angka penawaran tidak bisa bertemu di titik tengah antara pembeli dan penjual. 

Dan akhir nya lambat laun status aset tersebut secara tidak langsung berubah status tidak lagi berstatus area hijau.

Alasan kedua, agent tidak lagi memfocuskan aset anda. Dan berkas yang pernah diserahkan sebagai data kepada agent tersebut bisa jadi sudah lama tidak di review lagi. Jadi secara awam di perhatikan aset nya memang area hijau namun berkasnya tidak lagi hijau.

Secara ikatan kontrak mungkin saja masih di pasarkan, tapi sudah tidak di focuskan. Untuk hal ini hanya sang agent, team di kantor, prinsipal dan yang di atas saja yang tau, namun kondisi seperti ini sudah menjadi rahasia umum para agent atau konsultan properti.

Lalu bagaimana tips untuk cepat terjual dan selalu bertahan status green area? Dan bahkan aset yang letak dan kondisi tidak bagus sekali pun bisa berubah status jadi area hijau, mari kita bahas lebih lanjut,!

Tips agar aset cepat terjual,!

  • Daftarkan sebagai “Listing Exclusive” :

Biasanya jika listing tersebut terdaftar sebagai data “Listing Exclusive” , ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang agent dan menjadi perhatian khusus dari Principal kantor agent tersebut. 

Karena ada sebuah beban dan tanggung jawab positive yang terkandung disini. 

Listing Exclusive adalah sebuah MOU atau ikatan tertulis yang mencantumkan perjanjian secara garis besar bahwa aset anda sepenuh nya di serahkan kepada seorang agent atau kantor untuk di pasarkan.

Dana iklan berbayar untuk Listing Exclusive dari kebanyakan kantor agent rata-rata di anggarkan lebih besar angka nya dibandingkan Open Listing. Penggerjaan Listing Exclusive mulai dari pemasangan spanduk dan pengajuan iklan di media cetak atau koran dan internet juga cepat sekali, sangat express… nama nya juga Exclusive.

  • Perbaharui data Listing Anda 

Data perjanjian sebaiknya anda daftarkan masa kontrak 3 bulan. Jika aset masih belum laku, saya sarankan anda perbaharui listing anda dan putuskan untuk berpindah kantor agent atau masih tetap pada kantor tersebut. Hal ini di sesuaikan dengan kondisi masing-masing pada saat itu saja.

  • Minta data laporan kerja

Biasakan memberikan penekanan atau pesan kepada agent yang anda percayakan untuk memasarkan properti milik anda agar mengirimkan data laporan kerja. Terlebih lagi, jika anda sudah mendaftarkan sebagai Listing Exclusive. Laporan kerja yang dimaksud adalah data tertulis mengenai laporan iklan dari agent tersebut.

Di era digital ini saya rasa dengan mengirimkan foto laporan invoice iklan berikut dengan keterangan iklan saya rasa sudah cukup. Jika pemasangan spanduk dengan mengirim video atau foto juga sudah cukup menurut saya.

Jadi dapat kita simpulkan bersama, pakai jasa Agent properti sudah bagus. Namun jika sekali gerak banyak tangan yang mengerjakan juga tidak bagus. Saya ingatkan kepada anda untuk tetap memanfaatkan fasilitas Exclusive Listing. Akan tetapi anda harus menuntut hak untuk mendapatkan progres laporan kerja dari kantor agent tersebut. Dengan begitu anda juga bisa menganalisa pelan-pelan harus bagaimana lagi langkah kedepan nya supaya cepat terjual jika masih belum terjual dalam jangka kontrak 3bulan tersebut.

Semua ikatan yang di buat pada suatu kantor agent properti adalah gratis jika belum laku terjual. Jadi jangan khawatir untuk mendaftarkan data Listing Exclusive. Jika tidak terjual dan kita ingin berpindah kantor Agent juga tidak di punggut biaya sepeser pun.

  • Cukup Pasang 1 Spanduk Saja

Jangan sekali-kali anda mengalami properti atau lahan atau rumah yang anda jual di pasang banyak spanduk dimana-mana, itu tidak akan memberikan nilai yang baik bagi para pemburu properti. Biasakan untuk satu spanduk saja, apa lagi jika Exclusive Listing itu sudah pasti cuma 1 spanduk. Bisa beberapa spanduk, tapi spanduk yang banyak tersebut akan enak di pandang karena tercantum satu identitas kantor agent yang sama hanya saja berbeda nama agent saja, Untuk hal ini anda serahkan penuh saja kepada kantor tersebut yang mengambil langkah mau di poles bagaimana.

  • Pakai banyak agent tapi cukup 1 spanduk saja

Jika anda tidak mendaftarkan data aset untuk Exclusive Listing. Dan anda mendaftar sebagai Open Listing, saya ingatkan kembali jangan sampai spanduk bertebaran dan bertengger dimana-mana seperti jemuran. Tidak akan memberikan nilai dan kemungkinan terjual yang besar untuk hal ini, yang ada nanti nya akan di tawar harga ampun-ampuan. 

Biasa nya para pemburu properti sudah sangat piawai dalam memilah properti mana yang akan di incar, terutama para investor yang membeli properti sabagai aset di perdagangkan lagi. Sebuah nillai tambahan buat investor tersebut untuk menekan angka penawaran harga aset kepada vendor, penawaran akan terfocus pada point spanduk yang banyak tersebut.

Dari banyak nya spanduk yang di pasang, itu sebuah pertanda bahasa gerak tubuh dari aset anda bahwa susah terjual. Biasa nya point ini yang menjadikan pembeli menawar serendah-rendah nya dan balik kanan tidak menanyakan kembali mengenai aset tersebut, seolah-olah tidak minat membeli. Bisa jadi kemungkinan anda yang dulu menanyakan kembali mengenai pembicaraan yang dulu, anda minta tambah di naik kan sedikit  angka penawaran tetap saja tidak bergeming calon buyer tersebut. Ini lah yang menjadikan aset tersebut tidak laku-laku terjual, sangat alot sekali biasa nya. 

Hanya karena faktor sepanduk yang banyak sekali bertengger,!! Silahkan anda analisa sendiri kondisi aset-aset yang pernah di jumpai dan di lihat apakah benar seperti itu, temukan jawaban dan silahkan analisa sendiri.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa memberi sedikit masukan dan menambah wawasan teman-teman yang baru pertama kali ingin memasarkan properti. Salam Closing Dari Saya.

Stylist and Website Development By: Akh


0 Komentar

Tinggalkan Balasan