Sen. Okt 19th, 2020
Kenapa website tidak melantai pada laman pencarian

Sebagian besar Sebuah Perusahaan apa lagi pemilik brand atau merk sudah pasti memiliki website atau platform bisnis yang bersifat personal. Memiliki website pribadi sangat lah besar manfaat dalam penyebaran data dan informasi company profile.

Mulai dari website portofolio hingga E-Commerce yang berbasis aplikasi dalam mengupayakan penyerapan member berkelanjutan. Semua cara di upayakan dalam strategi marketing suatu perusahaan.

Website Sepi Pengunjung? Postingan juga Sebagian Tidak Melantai di Pencarian, Segera Maksimalkan Kinerja Situs 

Sudut Pandang tentang web

Ada juga sudut pandang owner yang berbeda, seorang owner yang duduk dan berangkat membangun perusahaan dengan cara dagang tradisional memiliki asumsi lain mengenai digital marketing.

Kebanyakan saya jumpai di lapangan, tipikal owner yang seperti ini tidak memikirkan menyerap uang masuk dari digital marketing yang berbasis E-Commerce atau website. 

Bagi kebanyakan owner ini, menyikapi website sebagai suatu trend dalam meningkatkan pristige. Bahkan ada suatu perusahaan yang keuangan nya sudah sangat mengalir, memiliki website hanya di anggap sebagai standar kelas suatu perusahaan di mata umum saja.

Semua strategi benar

Dari semua yang di tuliskan di atas dapat disimpulkan dengan anggap semua benar, semua baik dan bermanfaat bagi perusahaan tersebut. Tapi alangkah lebih baik jika platform tersebut bisa di maksimalkan, salah satu nya dengan mengupayakan halaman demi halaman, postingan demi postingan melantai di pencarian, Sebagai salah satu contoh yaitu google pencarian.

Dengan hanya meng install plugin SEO berbayar saja menurut saya belum lah maksimal. Perangkat lunak atau mesin SEO memang bagus dan banyak manfaat untuk mempercepat pengindeks an dan perayarapan. Dari pengalaman yang sudah saya temui, kebanyakan indeks dan perayarapan yang di hasilkan oleh mesin SEO tidak maksimal jika tidak kita tindak lanjuti atau kita poles ulang. 

Harus penyempurnaan

Kasus Ini sama seperti kita membeli rumah baru jadi dengan promo perumahan siap huni tinggal bawa baju saja, tapi apa??? sudah pasti harus kita tindak lanjuti dan lakukan penyempurnaan. Jarang sekali yang siap di huni, begitu juga dengan konten yang kita publikasikan di laman situs website, perangkat SEO hanya bersifat mendorong kita lah yang harus menyempurnakan dari hasil indeks dan perayapan tersebut.

Mungkin ini bisa menjawab pertanyaan kebanyakan pemilik website, kenapa di cari pada google penelusuran kok muncul nya sedikit padahal item produk atau halam cukup banyak yang di posting atau di publish.

Sebenarnya, dari satu konten atau satu item artikel jika di maksimal kan bisa melantai beberapa baris pada penelusuran jika dimaksimalkan.

Rata-rata website memiliki struktur garis besar yang hampir sama namun dibangun dengan gaya perancang website itu sendiri. Salah satu contoh struktrur secara garis besar yang sering kita dapati

Nama Situs - Judul Halaman - Kategori Situs - Sub kategori - Tag

Sedikit ilustrasi dari penjelasan saya diatas sebagai berikut :

Anggap saja seorang marketing ingin mencari info pada suatu Planform Website

Diawal masuk pada laman google atau yahoo atau apa pun itu, orang tersebut misalkan mencari :

www.kamigrosir.com (nama situs)

Lalu muncul lah beberapa pilihan halaman, kemudian orang tersebut mengklik sebuah judul halaman yang tertera pada platform google (kita ilustrasikan dengan materi halaman ini supaya lebih gampang di mengerti)

Silahkan Klik judul halaman,

Judul halaman: Website Sepi Pengunjung? Postingan juga Sebagian Tidak Melantai di Penelusuran Pencarian, Segera Maksimalkan Kinerja Situs 

Perbedaan

Biasanya sebuah website yang tidak dimaksimalkan pengerjaan nya akan melantai satu baris saja yaitu judul situs, namun pada kenyataan nya dari 1 postingan bisa menghasilkan beberapa baris pada platform google penelusuran. Lalu kenapa ada sebagian website yang judul situs saja yang muncul pada laman pencarian?? 

Hal ini di karenakan kategori atau tag kategori atau sub-kategori halaman tersebut indek tapi tidak ada di penelusuran bisa juga url tersedia tapi tidak di indeks.

Atau bisa juga ada kerusakan pada file yang di sebabkan beberapa foto atau file yang tidak memenuhi syarat atau kriteria google namun orang yang mempublikasi tidak mengetahuinya. Atau bisa juga jika ada memasang robot.txt terkadang di blokir oleh robot dalam merayapi. 

Banyak hal atau kemungkinan yang menyebabkan kasus tidak muncul nya halaman tersebut tidak melantai di laman pencarian. Contohnya kategori, sub kategori atau tag kategori. Namun jika traffic website tersebut cukup bagus maka lambat laun akan terbaca atau melantai secara sendiri nya atau secara organik.

Ilustrasi

Mari kita lanjutkan ilustrasi berikutnya, Silahkan klik tautan kategori berikut 

Kategori: Digital marketing

Lalu klik , tag: Bisnis Digital (tag) dan tag: Jasa Pembuatan Website (tag)

File AMP: Selain itu, dari hasil indeks google akan menghasilkan url atau file unik yang di sebut file AMP, Silahkan klik pada tautan ini.

Tampilan unik yang terkesan seperti sebuah halaman yang berdiri sendiri, namun sebenarnya file tersebut adalah url kanonis yang dihasilkan dari file yang kita publish.

Setelah anda memahami rangkaian struktur pada website yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas.

Silahkan dicoba pada website anda masing” apakah kategori/sub-kategori/tag anda melantai pada halaman penelusuran.

Untuk kemunculan atau keterbacaan seperti ini, google sendiri tidak memberikan jaminan atau janji dengan pembayaran tertentu. 

Bisa jadi karena hal inilah yang menjadikan para praktisi SEO atau penggiat digital marketing atau jasa SEO bisa menciptakan lahan pekerjaan yang bagus. 

Berikut kutipan dari salah satu artikel google yang di terjemahkan kan dalam bahasa Indonesia :

Artikel dari google

Google tidak menerima pembayaran untuk meng-crawl situs tertentu secara lebih sering, atau memberinya peringkat lebih tinggi. Jika Anda mendapatkan informasi sebaliknya, artinya informasi tersebut tidak benar.

Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.

Jika dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin terlihat seperti peningkatan bertahap, namun jika digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, perubahan ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada performa dan pengalaman pengguna di situs Anda dalam hasil penelusuran organik. Banyak hal yang tercakup dalam topik-topik ini adalah elemen utama pada halaman, dan Anda mungkin sudah cukup paham dengan sebagian besar di antaranya. Namun, bisa jadi Anda tidak memanfaatkannya secara optimal.

Cara kerja Google Penelusuran :

Setiap kali Anda melakukan penelusuran, ada ribuan, bahkan terkadang jutaan, halaman web yang memiliki informasi berguna. Cara Google menentukan hasil yang akan ditampilkan dimulai jauh sebelum Anda mengetik, dan dipandu oleh komitmen untuk memberikan informasi terbaik kepada Anda.

Mengatur konten web

Bahkan sebelum Anda melakukan penelusuran, Google mengatur informasi tentang halaman web yang ada dalam indeks Penelusuran kami. Indeks ini seperti perpustakaan, tetapi dengan informasi yang lebih banyak daripada gabungan semua perpustakaan di seluruh dunia.

Mencocokkan penelusuran Anda secara instan

Dalam sepersekian detik, algoritme Google Penelusuran mengurutkan ratusan miliar halaman web dalam indeks Penelusuran kami untuk menemukan hasil yang paling relevan dan berguna untuk apa yang Anda cari.

Menyajikan hasil dengan cara-cara yang membantu

Untuk membantu menemukan informasi yang Anda cari dengan cepat, Google menyediakan hasil dalam berbagai format yang berguna. Entah disajikan sebagai peta yang dilengkapi petunjuk arah, gambar, video, atau artikel, kami terus mengembangkan berbagai cara baru dalam menyajikan informasi.

Kami hanya menjual iklan, bukan hasil penelusuran (Pernyataan dari platform google)

Meskipun pengiklan dapat membayar untuk ditampilkan di bagian halaman yang ditandai dengan jelas, tidak ada siapa pun yang dapat membeli tempat yang lebih baik dalam hasil penelusuran.

Selalu meningkatkan pengalaman Anda

Kami tahu selalu ada peluang untuk menyempurnakan Penelusuran. Karena itulah engineer Google menghabiskan waktu setiap hari untuk melakukan pengujian, mengadakan ratusan ribu eksperimen setiap tahun, yang menghasilkan ribuan penyempurnaan.

Kesimpulan

Dari pernyataan google di atas dapat kita simpulkan perangkat apa pun itu hanya sebagai pendorong saja, semua perangkat atau plugin yang kita pakai adalah bagus dan benar berfungsi. Namun butuh ketelatenan untuk kita mengirimkan data demi data kepada google webmaster, bing webmaster, yandex webmaster dan sebagai nya. Lalu kita memberikan perintah pengaturan untuk di indeks atau di rayapi barulah akan maksimal.

Ditambah lagi dengan beberapa tautan eksternal yang di pasangkan pada website contoh nya akun media social tentu akan menambah traffic pada website kita. Namun jika kita berorientasi pada penjualan melalui website saya rasa media social tidak begitu berpengaruh, terkecuali website di fungsikan sebagai platform portofolio. Karena jika seseorang niat belanja online pastilah akan terfocus pada tautan website yang muncul dilaman pencarian bukan pada akun media social. Mengenai tautan eksternal, file atau url AMP dan tautan jangkar akan kita ulas pada artikel berikut nya.

Lalu pertanyaan nya apakah perlu menggunakan jasa SEO??

Saya menjawab nya perlu,!! karena praktisi atau penggiat SEO sanggup dengan teliti mengumpulkan remah remah roti. Sanggup menggumpulkan data demi data yang berharga dari setiap rincian detail website anda. 

Bagi sebagian besar orang menganggap properti berharga nya adalah website itu sendiri, namun bagi para penggiat SEO yang bekerja dibidang ini. Properti berharga adalah data” di dalam website tersebut, bisa jadi jika anda melihat suatu laman salah dalam pengerjaan atau jelek lalu anda hapus permanen dan ganti. 

Berbeda dengan praktisi SEO yang memandang url adalah properti, pasti akan di perbaiki tanpa menghapus satu properti pun pada aset website anda,! Maka dari itu sering di jumpai saat kita ingin melakukan pengaturan apa pun itu, pada kolom perintah tertulis masuk kan properti anda (link url).

Akhir kata dari saya, jika teman-teman suplier yang sudah punya website namun merasa belum maksimal silahkan hubungi saya untuk sharing.

Konsultasi Online

Di upayakan untuk menggumpulkan remah remah roti dalam seluruh aset website anda agar lebih banyak melantai dan terbaca di laman pencarian.

Konsultasi online

Jangan ragu jika hanya sekedar bertanya, kami siap bertukar pikiran dan berdiskusi untuk membedah website anda hingga kembali berfungsi maksimal. 

Kemana menghubungi saya?? Saya rasa anda sudah tau harus menghubungi nomor WhatsApp yang mana. Mari kita bicara sambil ngopi”.

Terima Kasih

Stylist and Website Development By: Akh

Tinggalkan Balasan